PENGARUH KARAKTERISTIK PIMPINAN DAN KARAKTERISTIK ORGANISASIONAL PADA KEPUTUSAN MENGADOPSI TI. STUDI EMPIRIS PADA USAHA KECIL DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA. (Disampaikan pada Simposium Nasional Sistem Teknologi Informasi di Program Magister Sain dan Doktor UGM tanggal 17-18 Januari 2009

Bagi usaha kecil, karakteristik pengambil keputusan dan karakteristik organisasional memiliki peran penting dalam mengambil keputusan untuk mengadopsi TI. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh karakteristik pimpinan (keinovasian pimpinan dan tingakt pengetahuan pimpinan mengenai TI) dan karakteristik organisasional (ukuran perusahaan, tingkat pengetahuan karyawan mengenai TI dan intensitas informasi) pada keputusan mengadopsi TI di usaha kecil.
Penelitian ini dilakukan melalui survei pada pimpinan usaha kecil di wilayah Kota Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis data adalah 102 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji 5 (lima) hipotesis penelitian adalah Partial Least Squares (PLS). Validitas instrumen penelitian diukur dengan validitas konvergen dan validitas diskriminan sedangkan reliabilitas instrumen diukur dengan menggunakan cronbach’s alpha dan reliabilitas komposite.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan pimpinan mengenai TI, ukuran perusahaan, pengetahuan karyawan mengenai TI dan intensitas informasi secara signifikan berpengaruh positif pada keputusan mengadopsi TI. Sedangkan variabel keinovasian pimpinan tidak berpengaruh pada keputusan mengadopsi TI. Hasil studi ini memberikan pemahaman bahwa tingkat pengetahuan pimpinan tentang TI dan faktor organisasional berpengaruh pada keputusan usaha kecil dalam mengadopsi TI.